Memahami dan Menganalisis Informasi Lisan dan Tulisan Melalui Teks Anekdot (2)

Membandingkan Teks Anekdot dengan Teks Berita

Perhatikan teks berikut
KLATEN – Kiat Esemka mendapatkan beragam kendala dalam mengkampanyekan diri sebagai mobil nasional. Mulai dari masalah uji kelayakan, emisi gas buang dan terakhir diklaim meniru desain mobil China, Foday.

esemka-foday

Kendati demikian, Sukiyat sebagai pengelola Kiat Motor Klaten penggagas kerja sama dengan SMK dalam merakit Kiat Esemka, mengakui bahwa sebagian komponen masih mengadopso desain mobil dari Korea, Australia dan juga China. Sukiyat menjelaskan masih sulit mencari komponen lokal hingga terpaksa harus mengadopsi dari luar.

Sumber:
https://autos.okezone.com/read/2012/01/10/52/554584/kiat-esemka-memang-adopsi-desain-mobil-china

Pembahasan
Jika kita perhatikan setelah membaca teks di atas, kita melihat sesuatu yang berbeda dengan teks anekdot. Memang di sana kita melihat kesamaan dengan adanya tokoh dan latar penceritaan, namun kita tidak menemukan unsur kelucuan dan pelajaran yang hendak disampaikan dalam tulisan.

Teks di atas dapat dikatakan sebagai teks berita berupa laporan investigasi di lapangan. Teks hanya berisi pemaparan fakta-fakta di lapangan, namun tidak mengandung unsur humor guna mendukung pesan pelajaran yang hendak disampaikan.

This entry was posted in SMA Kelas X, Tingkat SMA and tagged , , . Bookmark the permalink.