Memahami dan Menganalisis Informasi Lisan dan Tulisan Melalui Teks Anekdot (2)

Kesimpulan

Sampai di sini kita telah mengetahui perbedaan antara teks anekdot dengan teks yang lainnya. Sekarang, waktunya kita menyimpulkan pembelajaran yang telah kita lakukan.

kesimpulan

  • Teks berita memiliki kesamaan dengan anekdot dalam hal tokoh dalam cerita yang disampaikan. Namun tidak ada unsur kelucuan dalam menyampaikan pesan atau nasihat kepada pembacanya.
  • Pada teks prosedur, kita dapat melihat rangkaian penjabaran proses secara teratur dan sistematis. Namun, sama halnya dengan teks berita, teks ini tidak memiliki unsur kelucuan dalam menyampaikan pesan atau nasihat kepada pembacanya.
  • Begitu pula pada teks negosiasi. Tidak ada unsur kelucuan dalam menyampaikan pesan atau nasihat kepada pembacanya. Di dalamnya hanya terdapat peristiwa negosiasi antara tokoh yang satu dengan tokoh yang lain.

Jadi, dalam beberapa hal teks anekdot memiliki kesamaan dengan teks lainnya. Namun, karakteristik utama anekdot adalah terdapat suatu bentuk kelucuan dan digunakan sebagai bentuk penyadaran akan suatu kebenaran (bisa dalam bentuk ironi atau sindiran).

This entry was posted in SMA Kelas X, Tingkat SMA and tagged , , . Bookmark the permalink.