Membuat E-learning Berbasis WordPress (1)

Perputaran informasi dewasa ini berlangsung sedemikian cepat, semua akibat perkembangan teknologi yang sedemikian maju. Peristiwa di suatu negara tertentu dapat langsung diketahui di negara lain secara live (langsung) dan realtime (seketika) melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi.

Perkembangan teknologi tentunya berimbas pada berbagai sektor lain kehidupan, seperti pendidikan. E-learning saat ini merupakan suatu keharusan dan bahkan para pendidik dalam Renstra Pendidikan dituntut untuk memiliki kompetensi TIK yang baik untuk menunjang pembelajaran berbasis teknologi tersebut.

realtime-information

Salah satu sektor TIK yang cukup lama berkembang adalah Internet. Teknologi internet sudah berlangsung sejak tahun 1995 dan kini menjadi dasar fondasi pertukaran informasi digital. Berbagai content multimedia dapat disajikan menggunakan internet, seperti teks, suara, dan gambar.

Dalam dunia internet, ada salah satu teknologi yang berevolusi cukup cepat. Adalah teknologi content management system (CMS) yang memungkinkan tiap orang menjadi publisher di internet. Tanpa membutuhkan keahlian pemrograman, tiap orang dapat berkontribusi membuat website dan membagi-bagikan pengetahuannya ke seluruh dunia.

WordPress merupakan salah satu CMS yang populer yang dikenal karena kemudahan pengelolaannya. Lebih dari 50% website yang dibangun di internet menggunakan software CMS WordPress. Kita dapat memanfaatkan WordPress untuk berbagai bidang, termasuk menggunakannya untuk membuat e-learning. Pada post selanjutnya saya akan memaparkan langkah-langkah mengembangkan e-learning berbasis WordPress.

This entry was posted in Artikel and tagged , , . Bookmark the permalink.