Membuat E-learning Berbasis WordPress (2)

Tulisan ini merupakan lanjutan tulisan sebelumnya, tentang bagaimana membuat e-learning berbasis WordPress. Tulisan sebelumnya merupakan pengantar, dan sekarang kita akan membahas mengapa menggunakan WordPress dan fitur-fitur apa saja yang ada di dalam software CMS ini.

WordPress dapat dikombinasikan dengan penggunaan plugin untuk menambah berbagai fasilitas dan themes untuk mengubah tampilan web secara keseluruhan. WordPress yang digunakan untuk e-learning adalah WordPress yang dihost di mesin server sendiri dengan domain tersendiri pula. Untuk ini, kita dapat mendownload script WordPress di alamat wordpress.org.

wordpress-interface

WordPress yang gratis host (namasitus.wordpress.com) tidak dapat dikembangkan lebih lanjut karena dibatasi oleh penyedia layanan. Anda hanya akan diberikan fitur-fitur standar WordPress, seperti membuat post dan page, serta mengelola kategori dan tags. Sangat disarankan Anda untuk mendaftar (gratis) karena dapat membantu Anda mempelajari manajemen content dengan WordPress.

Kembali lagi di persoalan mengenai WordPress yang diinstall di mesin server sendiri. Yang Anda butuhkan adalah sewa mesin server dan domain untuk alamat situs Anda (misal, nama-situs.com). Server dan domain dapat Anda peroleh di situs penjual domain dan hosting dengan sistem pembayaran menggunakan transfer bank.

Berikut ini daftar penjual hosting di Indonesia. Market share dihitung berdasarkan banyaknya jumlah domain yang didaftarkan melalui si penjual. Market share terbesar belum tentu menjamin kehandalan mesin server mereka. Juga patut dipertimbangkan dukungan 24 jam disertai respons yang cepat dari bagian support.

host-indonesia

Jika Anda tidak punya host dan domain sendiri, Anda dapat melakukan instalasi lokal di PC/laptop Anda sendiri. Yang Anda butuhkan adalah software web server (semisal XAMPP) dan script WordPress itu sendiri. Kelemahannya, akses hanya bisa dari laptop Anda dan tidak bisa dilihat di tempat lain. Cocok untuk pengajaran dari laptop dengan menayangkan melalui proyektor.

Software pendukung untuk membangun web server lokal adalah XAMPP dan WordPress. Download XAMPP di alamat ini, dan WordPress download di alamat ini. Langkah selanjutnya adalah melakukan instalasi WordPress di server lokal.

This entry was posted in Artikel and tagged , , . Bookmark the permalink.