Membuat E-learning Berbasis WordPress (3)

Pada bagian ini, kita akan belajar membuat WordPress di server sendiri. Saya berasumsi bahwa Anda sudah mendownload webserver XAMPP dan script WordPress. XAMPP untuk sistem operasi Windows menggunakan installer dengan format *exe sehingga Anda tinggal menginstallnya (double klik file) secara biasa sebagaimana installer program lain.

Pada instalasi XAMPP, directory instalasi lebih baik tetap di C: , sehingga setelah selesai menginstall akan muncul directory C:/xampp. Hal ini untuk menghindari permasalahan akibat fitur UAC pada Windows XP ke atas (Vista dan 7). Anda selanjutnya akan dibawa ke bagian option dari instalasi program XAMPP.

xampp-directory-installation

Saya sarankan Anda untuk centang semua pilihan pada menu option. Opsi ini nantinya akan memunculkan icon XAMPP di desktop komputer Anda dan start menu. Opsi service yang Anda centang akan membuat program XAMPP berjalan secara otomatis tiap komputer pertama kali dinyalakan. Kalau sudah, selanjutnya klik “Install” untuk melanjutkan proses instalasi XAMPP.

option-xampp

Berikutnya progress bar akan muncul sebagai tanda file-file XAMPP sedang di-copy ke dalam komputer Anda. Begitu progress bar selesai, tekan “finish” untuk menyelesaikan proses instalasi. Anda akan langsung dibawa ke menu panel kontrol XAMPP. Bagian ini merupakan inti utama untuk mengatur agar program web server berjalan dengan baik di komputer Anda.

control panel xampp

Klik “Start” pada modul Apache dan MySql untuk memulai servis XAMPP. Jika benar, akan muncul tulisan running di sebelah modul Apache dan MySql.

xampp-service-running

Selanjutnya tinggal uji web server apakah sudah berjalan di komputer Anda. Ketik “localhost” (tanpa tanda petik) di address bar browser Internet Anda dan tekan “Enter”. Browser selanjutnya akan menampilkan halaman XAMPP di awal. Pilih Bahasa Inggris untuk interface penggunaan.

xampp opening

Post berikutnya akan menyajikan instalasi WordPress pada webserver lokal.

This entry was posted in Artikel and tagged , , . Bookmark the permalink.