Menulis Pesan Singkat Kelas VII SMP

Short Message Servis (SMS) dan Internet Messenger (IM)

Kalimat Efektif dalam SMS
Kalimat efektif adalah kalimat yang tepat secara kaidah dan hemat dalam pemakaian, tidak berbelit-belit. SMS dan IM menuntut kita menggunakan kalimat yang singkat dan jelas serta komunikatif. Biasanya Short SMS dan IM banyak menggunakan singkatan.

Singkatan dalam SMS dan IM masih banyak yang belum standar. Namun para pengguna SMS umumnya memahami singkatan-singkatan yang digunakan pengirim SMS tersebut.

Keefektifan dalam SMS/IM dapat dilihat dari padatnya pesan yang disampaikan dengan menggunakan kalimat sehemat mungkin. Perlu diingat dalam menulis SMS/IM bahwa pesan yang kita sampaikan hendaknya dapat dipahami oleh si penerima pesan dan jangan sampai terjadi kesenjangan informasi atau bahkan salah persepsi. Untuk itu dalam menyingkat kata-kata pastikanlah penerima pesan memahaminya.

Penggunaan Istilah
Dalam penulisan SMS/IM banyak digunakan berbagai istilah dan singkatan, misalnya: tk = terima kasih atau tq = thank you. Istilah khas dalam SMS/IM tidak direncanakan, ada dengan sendirinya karena kebutuhan pengguna.

Tentu saja istilah yang digunakan bukanlah istilah baku dalam ragam formal. Kini banyak sudah dijual Kamus SMS dengan berbagai versi dan juga tentunya harga yang bervariasi.

Menulis Pesan Singkat SMS/IM
Untuk dapat menulis dan mengirim pesan singkat melalui SMS dan IM perlu memperhatikan hal-hal berikut:

Siapkan pokok-pokok pesan yang akan ditulis. Kemudian, kembangkan pokok-pokok pesan manjadi kalimat informasi yang akan disampaikan. Kirim melalui telepon selular.

Pastikan pesan kita sampai ke alamat yang tepat, tentunya dengan mengecek pada fitur berita terkirim.

Manfaat kita menyiapkan pokok-pokok pesan yang akan kita kirim adalah agar pesan yang kita kirimkan tepat dan efektif. Pokok-pokok pesan bisa kita runutkan bisa dimulai dengan kata tanya apa, siapa, mengapa, bagaimana, kapan, di mana.

This entry was posted in SMP Kelas VII, Tingkat SMP and tagged , , , . Bookmark the permalink.