Menulis Surat Pembaca Kelas VII SMP

Pengertian Surat Pembaca

Surat pembaca adalah surat yang ditulis oleh pembaca yang dimuat dalam surat kabar/koran, tabloid, atau majalah yang berisi tanggapan, kritik, saran, keluhan, ajakan, imbauan, ucapan terima kasih, dan lain-lain. Surat pembaca merupakan surat terbuka yang isinya dapat dibaca oleh siapa saja serta dapat ditujukan kepada lembaga, pemerintah, perusahaan, kantor, perorangan, kelompok, atau organisasi. Karena surat pembaca ini ditujukan kepada siapa saja, surat pembaca ini dapat dijadikan alat untuk melakukan perubahan dan menyelesaikan permasalahan kemasyarakatan.

surat pembaca

Biasanya surat pembaca ditulis berkaitan dengan kepentingan umum, misalnya, keluhan terhadap jalan yang berlubang-lubang, operator telepon yang sering mengirimkan kuis, atau konsumen yang merasa dirugikan oleh perusahaan pengiriman barang yang telat mengantarkan pesanannya. Surat pembaca harus ditulis dengan bahasa yang jelas dan ditulis berdasarkan data dan fakta yang kuat, serta alasan yang meyakinkan.
Walaupun berisi tanggapan, kritik, saran atau keluhan, seorang penulis tidak perlu takut untuk menulis surat pembaca dan mengirimkannya ke media massa. Hal ini dilakukan agar permasalahan dapat diselesaikan dan dapat dilakukan perubahan.

Klik untuk menampilkan formulir komentar

This entry was posted in SMP Kelas VIII, Tingkat SMP and tagged , , . Bookmark the permalink.