Menulis Surat Pembaca Kelas VII SMP

Tujuan Menulis Surat Pembaca

Seseorang yang menulis dan mengirimkan surat pembaca ke media massa pasti memiliki alasan dan bukti yang kuat yang hendak dikeluhkan/dikritiknya. Biasanya seseorang menulis surat pembaca untuk diketahui oleh orang lain secara terbuka. Maksud dan tujuan tersebut antara lain berisi pemberitahuan, keluhan, tanggapan, kritik, saran, dan sebagainya.

Selain itu, si penulis surat pembaca pun membutuhkan respon yang baik atas keluhan/kritiknya berupa penyelesaian masalah atau perubahan yang mungkin dilakukan oleh pemerintah/lembaga perusahaan yang dituju pasca membaca surat pembaca tersebut. Oleh karena itu, jenis surat pembaca yang ditulispun didasarkan pada kepentingan dan tujuan penulisannya.

Berikut ini ada beberapa alasan mengapa seseorang menulis surat pembaca.

1. Alat untuk melakukan perubahan dan menyelesaikan masalah
Seperti penjelasan sebelumnya, surat pembaca merupakan surat yang berisi keluhan, tanggapan, kritik, atau saran mengenai suatu permasalahan. Dengan menulis surat pembaca, kita berharap bahwa keluhan, tanggapan, kritik, atau sarannya dapat ditinjau sehingga dapat dilakukan perubahan atau penyelesaian masalah oleh pihak yang berwenang mengenai permasalahan tersebut.

2. Mendapatkan suvenir/kenang-kenangan
Ada sebagian media tertentu yang menyediakan suvenir/kenang-kenangan kepada para pembaca yang suratnya dianggap paling menarik. Selain surat yang dianggap menarik, ada juga media yang memberikan suvenir karena surat pembaca tersebut berisi pujian kepada media massa tersebut. Suvenir atau kenang-kenangan tersebut, misalnya, kaos, pulpen, buku, topi, payung.

3. Membuat hati puas dan lega
Membuat hati puas dan lega. Pasti. Hal ini disebabkan oleh seseorang yang telah menulis surat pembaca sama halnya dengan seseorang yang telah mengungkapkan/mencurahkan isi hatinya berupa kegalauan, kekecewaan, ketidaksenangan, atau juga kegembiraan. Jadi, menulis surat pembaca merupakan sarana untuk mencurahkan isi hati.

4. Melatih menulis yang baik
Isi surat pembaca yang telah dimuat dalam sebuah surat kabar, tabloid, atau majalah tentu saja telah mengalami pengeditan oleh redaksi media massa tersebut, baik dari segi tata bahasa, susunan redaksional, maupun dari segi ejaan yang digunakan. Nah, kita dapat membandingkan dan mempelajari surat pembaca yang asli dengan yang telah mengalami pengeditan. Tentu saja banyak yang berbeda karena pada umumnya susunan redaksional setiap surat pembaca hampir sama dengan susunan redaksional teks berita atau artikel dalam media massa tersebut. Oleh karena itu, menulis surat pembaca dapat melatih kita untuk menulis dengan baik dan benar.

5. Mengembangkan kreativitas menulis
Keterampilan atau kreativitas menulis dapat terasah jika kita sering menulis, termasuk menulis surat pembaca. Dengan menulis surat pembaca, secara tidak langsung kita berlatih untuk dapat menuangkan gagasan dan menyampaikannya ke publik. Tentu saja diperlukan keterampilan dan kreativitas menulis karena untuk menulis surat pembaca dibutuhkan ide dan sikap kritis. Semakin sering kita mengirim surat pembaca, semakin terlatih pula kita dalam menuangkan gagasan yang dapat dipahami dan diterima khalayak luas.

Klik untuk menampilkan formulir komentar

This entry was posted in SMP Kelas VIII, Tingkat SMP and tagged , , . Bookmark the permalink.