Menulis Surat Pembaca Kelas VII SMP

Menulis Surat Pembaca

Berdasarkan kerangka, kita susun menjadi surat pembaca dengan mengemukakan permasalahan secara jelas. Namun, sebelum kamu menulis surat pembaca, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

1) Tentukan tema yang akan ditulis
Tema sebuah tulisan sangat penting. Dengan berpegang pada tema, tulisan kita akan terfokus dan jelas pada satu permasalahan. Hal ini mencegah agar surat pembaca yang ditulis pun tidak terlalu panjang. Selain itu, tema juga akan dijadikan bahan pertimbangan dalam membuat judul surat pembaca agar surat pembaca yang kita tulis dapat memiliki daya tarik.

2) Tuangkan tulisan dengan bahasa yang jelas
Bahasa yang jelas tentu sangat diperlukan dalam menulis surat pembaca agar surat tersebut dapat dipahami oleh khalayak luas. Hindari penggunaan kata-kata singkatan yang tidak umum, kata-kata asing, dan bahasa yang bertele-tele. Pada hakikatnya surat pembaca harus ditulis dengan kalimat yang singkat dan padat, kira-kira 250 kata dalam 3 – 5 paragraf.

3) Setelah ditulis, dibaca lagi, dan diedit
Walaupun surat pembaca yang kita tulis akan diedit oleh editor media, tidak ada salahnya jika kita mengedit sendiri tulisan yang sudah kita buat. Hal ini berguna agar kita lebih memahami isi surat yang kita tulis.

Klik untuk menampilkan formulir komentar

This entry was posted in SMP Kelas VIII, Tingkat SMP and tagged , , . Bookmark the permalink.