Menyimpulkan Dialog Interaktif Kelas IX SMP

Contoh Menyimpulkan Isi Dialog

Perhatikan transkrip dialog berikut.

Leni:
Kebun Bapak ditanami apa aja sekarang?

Pak Suhlan:
Wah, macam-macam, Len. Ada sayur-sayuran, singkong, pisang, kopi. Pohon albasia, dan mahoni juga Bapak tanam di sini. Semua tanaman yang bisa dimakan, Bapak tanam. Maksud Bapak, ya, daripada menyia-nyiakan lahan, lebih baik ditanami, yang penting menghasilkan.

Leni:
Tapi, yang menjadi andalan Bapak apa, sih? Maksud saya, yang menjadi penghasilan utama?

Pak Suhlan:
Yang menghasilkan uang, begitu, ya? Yang Bapak rasakan, ya, dari kopi. Lumayan, kopi yang Bapak hasilkan di sini Bapak jual. Sekali panen, biasa menghasilkan dua atau tiga kwintal. Tanaman yang lain, Bapak gunakan untuk keperluan keluarga Bapak sehari-hari, enggak dijual atau Bapak bagi-bagikan ke tetangga.

Dari dialog tersebut, kita dapat membuat catatan seperti berikut.

  • Kebun Pak Suhlan ditanami oleh berbagai tanaman, mulai dari sayur-sayuran singkong, pisang, kopi, dan kayu-kayuan.
  • Tanaman andalan kebun Pak Suhlan adalah kopi. Tanaman ini dapat mendatangkan uang. Tanaman lainnya hanya digunakan untuk keperluan keluarganya sendiri atau dibagi-bagikan kepada tetangga.

Kemudian untuk membuat suatu kesimpulan dari isi suatu dialog, kita harus mengetahui terlebih dahulu pokok-pokok pembicaraan yang ada dalam dialog itu. Dari catatan dialog Pak Suhlan dengan Leni di atas, kita dapat membuat kesimpulan sebagai berikut:

Kebun Pak Suhlan ditanami oleh berbagai tanaman yang dapat menghasilkan uang, Selain itu, juga berguna untuk keperluan keluarga dan para tetangganya.

This entry was posted in SMP Kelas IX, Tingkat SMP and tagged , . Bookmark the permalink.