Sifat dari Pembelajaran Online di Dalam Kelas

pembelajaran elearning dalam kelasSetidaknya ada tiga fungsi pembelajaran elektronik (e-learning) melalui internet terhadap kegiatan belajar-mengajar di dalam kelas. Anda sebagai guru dapat memanfaatkan e-learning sesuai dengan kebutuhan dan situasi dalam kelas yang sedang Anda hadapi.

Adapun fungsi online learning itu yaitu sebagai (1) suplemen yang sifatnya opsional, (2) pelengkap pembelajaran dalam kelas, atau (3) pengganti pembelajaran di dalam kelas secara keseluruhan. Berikut ini adalah penjabarannya:

  1. Suplemen
    Model belajar berfungsi sebagai suplemen apabila peserta mempunyai kebebasan untuk memilih, apakah akan memanfaatkan materi pembelajaran dari website atau tidak.
    Dalam hal ini, tidak ada keharusan bagi peserta didik untuk mengakses materi pembelajaran website. Meski sifatnya opsional, peserta didik yang memanfaatkannya tentu akan memiliki tambahan pengetahuan atau wawasan.
  2. Pelengkap
    Dikatakan berfungsi sebagai pelengkap apabila materi pembelajaran melalui website yang dikembangkan digunakan untuk melengkapi materi pembelajaran yang diterima siswa di dalam kelas.
    Sebagai pelengkap, materi pembelajaran berbasis web yang dikembangkan dibuat untuk menjadi materi pengayaan atau remedial bagi peserta didik di dalam mengikuti kegiatan pembelajaran konvensional.
  3. Pengganti
    Beberapa perguruan tinggi di negara-negara maju memberikan beberapa alternatif model kegiatan pembelajaran kepada mahasiswanya. Tujuannya agar para mahasiswa dapat secara fleksibel mengelola kegiatan perkuliahan sesuai dengan waktu dan aktivitas lain sehari-harinya.
    Pembelajaran melalui website yang dikembangkan menjadi pembelajaran jarak jauh bagi peserta didik, tanpa memerlukan tatap muka dalam kelas. Guru tinggal menentukan sesi pertemuan melalui perangkat online learning.
This entry was posted in Artikel and tagged . Bookmark the permalink.