Teks Prosedur Kompleks Kelas X

Apa Itu Teks Prosedur Kompleks?

Sebelum kita menjawab pertanyaan ini, ada baiknya kita memperhatikan contoh teks prosedur kompleks berikut ini.

Perhatikan teks prosedur kompleks berikut!
Biopori adalah lubang-lubang di dalam tanah yang terbentuk karena aktivitas organisme di dalamnya, baik berupa akar tanaman, cacing, maupun hewan-hewan lainnya. Lubang-lubang dalam ukuran sangat kecil tersebut terisi udara dan dapat menjadi tempat berlalunya air.

biopori

Semakin banyak lubang-lubang tersebut, maka semakin besar kemampuan tanah untuk meresapkan air di atasnya. Dengan demikian, potensi terjadinya banjir dan genangan dapat dikurangi.

Berikut ini cara membuat lubang biopori

  • Pertama, buat lubang silindris secara vertikal ke dalam tanah dengan diamter 10 cm. Kedalaman lubang kurang lebih 100 cm atau tidak sampai melampaui muka air tanah bila air tanahnya dangkal.
  • Kedua, pastikan bahwa jarak antar lubang antara 50 - 100 cm
  • Ketiga, mulut lubang dapat diperkuat dengan semen selebar 2 - 3 cm dengan tebal 2 cm di sekeliling mulut lubang.
  • Keempat, isi lubang dengan sampah organik yang berasal dari sampah dapur, sisa tanaman, dedaunan, atau pangkasan rumput.
  • Kelima, Sampah organik perlu selalu ditambahkan ke dalam lubang yang isinya sudah berkurang dan menyusut akibat proses pelapukan.
  • Keenam, Kompos yang terbentuk dalam lubang dapat diambil pada setiap akhir musim kemarau bersamaan dengan pemeliharaan lubang resapan.
This entry was posted in SMA Kelas X, Tingkat SMA and tagged . Bookmark the permalink.